Kamis, 23 Desember 2010

NYICIP MASAKAN SOLO

Ada teman yang pernah bilang kalau masakan Solo itu nggak kalah khasnya dengan masakan Yogya. Dikasih info beberapa restoran masakan Solo di Jakarta Selatan: ada yang di Kemang, Cilandak, Cinere dan Pasar Santa. Hmmm tapi kalau mau minta dianterin suami, mesti cari tempat yang nggak terlalu macet. Dimana ya?

Iseng-iseng browsing di internet search makanan Solo. Ndilalahe..ada sebuah artikel yang memuat tentang restoran bernama Sari Kusuma Resto berlokasi di Jl. K.H. Ahmad Dahlan (deket Mayestik), sebelahan dengan toko Dapur Cokelat. Boleh dicoba nih..deket pulak lokasinya.

Malam itu sepulang kantor, meluncurlah gw dan suami gw yang Mas Jawa ke lokasi. Restonya mungil bergaya jawa priyayi dengan hiasan foto-foto kuno pada dindingnya. Bersih dan sepi. Sejenak gw membaca buku menu..cukup variatif makanan yang ditawarkan. Ada Tahu Telor (udah pernah coba), nasi Liwet (hanya ada saat weekend), Kroket (bosen), Bistik Lidah (ugh!), Bistik Galantin (nama yang unik). Akhirnya pilihan gw jatuh pada bistik bernama unik dan suami gw memesan Nasi Langgi. Minumnya? Of course Teh Poci…
 
Sambil menunggu makanan siap, gw kembali membaca buku menu. Mie Jawa enak juga kali yah? Atau ini nih..Selat Solo (maksudnya Salad kali?). Tahu platter tuh kayak apa ya? Nanti aja buat dibawa pulang, saran suami gw. Ok deh.

Nasi Langgi pun datang. Nasinya harum dan legit. Enak! Pake apa ya bisa begini? tanya suami gw. Entahlah, gw bukan ahli masak (hehehe).
 

Nasinya ditemani dengan telor suwir, ayam suwir, daging suwir, abon dan keripik kentang.  However, I think lauknya sedikit manis..tapi emang gitu kan yah masakan Jawa?

Menyusul yang berikutnya Bistik Galantin. Dagingnya diolah dengan bumbu, dicetak, digoreng lalu disiram kuah kaldu. Hmmmm…yummy!



Sayang porsinya nggak nendang alias liliput, kurang mengenyangkan bagi tembolok besar macam gw. Untuk dibawa pulang kita pesan Mie Jawa, Tahu Platter dan Selat Solo. Total pengeluaran untuk makanan sebanyak itu hanya Rp 118 ribu. Weleh..weleh***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar