Rabu, 22 Desember 2010

JAVA BLEU FRENCH BISTRO

Terakhir makan di sini adalah ketika kantor gw mengadakan acara Year End Dinner dalam rangka menyambut tahun 2008. Sampai sekarang pengalaman makan di Java Bleu masih memberikan kesan yang mendalam bagi gw. Makan full course French fine dining dibayarin kantor hahaha.

Dulu letaknya di komplek ruko golden Fatmawati. Emang bener kata pepatah don't judge a book by its cover, karena lagi-lagi gw tertipu melihat penampilan ruko nya dari luar ternyata masakannya kelas bintang lima bok! 

Tempatnya kecil dengan daya tampung yang hanya bisa memuat sekitar 25 orang. Tapi kalau mau makan di sini pada waktu itu mesti by appointment dulu. Karena owner sekaligus chef nya yaitu Monsieur Antoine Audran  nggak setiap hari standby. Menu nya pun tergantung dari mood hati nya lagi pengen masak apa hari itu.

Tetapi gw jamin semua masakannya ooo...la..la..! Waktu itu kita disajikan appetizer berupa "Baked Escargot", yaitu keong panggang yang dilumuri minyak zaitun. Sisa sausnya bisa kita cocol cocol pake roti yang disediakan. Dilanjut dengan "Mesclun Salad", yang konon daunnya hanya ada pada saat musim dingin. Susul menyusul "Pan Fried Duck Foie Gras" (hati angsa) and "Mussle Poulette" (kerang yang disiram saus white wine).

Nggak hanya appetizer nya tapi main course nya pun bikin gw speechless..terharu...lebay! Ada tiga macam masakan yang disajikan "Home Made Duck Confit", daging bebeknya bener-bener lembut dan nggak bau amis. "Lamb Rack Provencal", iga domba dimasak medium rare dengan semburat rasa rempah. Yang terakhir dalam rangkaian main course adalah "Gribiche" kepala anak sapi dilengkapi dengan sayuran rebus dan mashed potato. Tapi yang ini gw cuma nyolek dikit doang soalnya nggak tega mau makan hehehe.




 The full course ended with a sweet delicious "Creme Caramel" alias pudding karamel. Teksturnya super lembut nggak bau telor dan manis saus karamel nya pun pas. Pak Boss pun senang hatinya dan berkata "Excellent choice!"

Udah setahun ini restoran Java Bleu pindah ke Jalan Cikini Raya no 15. Deket Taman Ismail Marzuki. Tapi denger-denger sekarang konsepnya udah bener-bener restoran yang bisa kapan aja dikunjungi tanpa harus bikin appointment dulu. 

Silahkan dicoba gw yakin pasti kualitasnya masih excellent. Soal harga...gw nggak mau tau karena waktu itu dibayarin kantor hahaha***

Catatan pinggir: tulisan gw ini pernah dimuat di www.detikfood.com dapet hadiah voucher makan lho! hehehe

http://www.detikfood.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/04/tgl/22/time/153304/idnews/927609/idkanal/290


2 komentar:

  1. Aduh...seneng kamu post ini. Aku sampe hari ini masih terbayang nikmatny si mussel ...oh oh oh itu sayuran yang ditaruh apa ya namany...pengen hahahah:P

    Hmm abis pindah apa masih seenak dulu ya... soalny kalo liat paket lunchny hargany gak gitu mahal hehehehhe

    Hmm, when will I be back ? :P

    BalasHapus
  2. Nice picture. I wouldn't mind having some duck foie gras :)
    Cathy

    BalasHapus